Tuesday, November 9, 2010

BUKU IBADAH -TAFSIR- HADITS

Fiqih Sunah 1 set ( 4 Jilid )




Pengarang : Sayyid Sabiq

Kerap kali kita merasa kesulitan saat membaca kitab fiqih atau belajar fiqih karena istilah-istilah yang sulit dipahami. Namun berbeda dengan kitab fiqih sunnah yang lengkap dengan 4 jilid karya Syaikh Sayyid Sabiq merupakan buku fiqih sederhana yang menggunakan metode "Fiqih Dalil". Setiap permasalahan fiqih dibahas, disertai dalil baik dari Al-Qur'an, As Sunnah, Al Ijma' atau dalil-dalil fiqih yang lainnya.

Karya monumental dari Syekh Sayyid Sabiq ini mengupas masalah-masalah fiqih Islam berdasarkan dalil-dalil yang bersumber dari Al-Qur`an, Sunnah yang sahih, dan ijma' ulama kaum muslimin. Memberikan bentuk yang sebenarnya tentang fiqih Islam, juga agar umat Islam dapat berpegang teguh kepada Kitab dan Sunnah serta melenyapkan pertikaian pendapat, fanatik mazhab, dan menghapus takhayul yang mengatakan bahwa pintu ijtihad telah tertutup.



Tafsir Ibnu Katsir 1 Set ( 10 Jilid)



Penyusun : DR.Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman
bin Ishaq Alu syaikh

Kitab Tafsir Ibnu Katsir terkenal sebagai kitab tafsir yang dikelompokkan ke dalam tafsir bil ma’sur(tafsir ayat-ayat Al-Qur’an dengan hadis-hadis Nabi SAW) sehingga terhimpun di dalamnya faedah yang sangat banyak karena di dalam kandungarinya termuat dua pokok sumber hukum Islam, yaitu Alqur’anul Karim dan Sunnah Rasul-Nya.

Tiada suatu ayat pun yang ada di dalamnya melainkan diterangkan dengan hadis yang melatarbelakangi penurunannya, sehingga memperjeias makna yang dimaksud dan subjek yang ditujunya. Bahkan di dalam kitab tafsir ini disebutkan pula sanad setiap hadis yang dikemukakan sebagai tanggung jawab iimiah dari Al-Imam Ibnu Katsir dalam penukilannya.





Zadul Ma'ad 1 Set ( 6 Jilid)



Penulis : Ibnu Qayyim Al Jauziyah Sebuah karya fenomenal dari seorang ulama besar, buku yang terdiri dalam 6 jilid, sangat penting isi dan tema yang dibahasnya..saat membacanya seolah-olah anda ada bersama Rasulullah SAW!!! saat anda mengamalkannya keselamatan dunia dan akhirat didapat... InsyaAllah





Tafsir Fi Zhilalil Lengkap (jilid 1-13)




Sinopsis :


Sayyid Quthb merampungkan tafsir ini di dalam penjara selama kurun waktu lebih dari sepuluh tahun, kemudian mengakhiri hidupnya di tiang gantungan sebagai syahid. Ia membayar keyakinannya dengan darahnya. Dan tafsir ini adalah lukisan keyakinannya. Ia adalah tafsir iman atas Al-Qur'an, kata adiknya, Muhammad Quthb.

Kelebihan tafsir ini antara lain:

  1. Membawa kita tenggelam sambil menyelami ilmu dan hikmah yang ada di dalam Al-Qur’an dengan penuh kenikmatan yang tidak mungkin digambarkan dengan kata-kata.
  2. Mengikat dan merajut ayat-ayat Al-Qur’an dengan Hadits Rasul Saw. serta Sirah Nabawiyah dan para Sahabatnya, kemudian dikaitkan dengan sitausi dan kondisi kekinian (waqi’).
  3. Kekuatan membangkitkan keyakinan (keimanan), optimisme pada rahmat dan pertolongan Allah dan rasa percaya diri sebagai umat terbaik yang Allah hadirkan ke atas bumi ini.
  4. Menggugah pikiran dan perasaan kita sehingga muncul berbagai inspirasi, ide, gagasan dan berbagai pertanyaan yang paralel dengan situasi dan kondisi yang kita lewati sekarang, sehingga kita memahami dengan tepat situasi dan kondisi tersebut dengan ide solusi yang jelas pula.
  5. Pencerahan yang luar biasa terkait hakikat Tuhan, manusia, kehidupan dunia, alam semesta, kehidupan akhirat, jahiliyah dan Islam.
  6. Penelaahan yang sangat luar biasa dalam hal hakikat Islam dan Jahiliyah, iman dan kufur, serta keunggulan manhaj (konsep) Islam dibandingkan dengan konsep jahiliyah, baik dulu maupun yang ada sekarang yang datang dari Barat maupun Timur.
  7. Bahasa yang digunakan karena Sayyid Qutb memang terkenal sebagai seorang penyair kawakan di zamannya dan bahkan beberapa syairnya sampai hari ini belum terkalahkan.






Syarah dan Terjemah Riyadhus Shalihin (2 jilid)





Buku ini merupakan terjemah dan syarah dari karya monumental seorang ulama shalih, Imam An-Nawawi. Pada awalnya, Imam An-Nawawi memiliki keinginan untuk menulis buku yang merangkum hadits-hadits shahih yang berisikan bekal untuk kehidupan akhirat. Hadits-hadits yang menjelaskan perilaku fisik dan rohani, meliputi motivasi dan ancaman. Juga hadits-hadits tentang zuhud, pembiasaan diri mengendalikan hawa nafsu, berakhlak mulia, dan hal-hal lain yang menjadikan diri semakin dekat dengan Allah. Hadits-hadits yang dicantumkan hanyalah hadits-hadits shahih yang terdapat dalam buku-buku induk. Setiap bab diawali dengan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas



Ringkasan Shahih Muslim





Banyak kitab yang ditulis oleh Imam Muslim yang banyak dijadikan referensi oleh dunia Islam selain "Shahih Muslim", misalnya : Al­Musnad Al-Kabir, Al-Jami, Al-Asma' wal Kauniyyah, Al-Afrad wal Wihdan, Al-Aqran, Masyarikh Ats-Tsauri, Tasmiyatu Syuyuki Malik, Kitabul Mukhadramin, Kitabu auladish Shahabah, Ath-Thabaqat, Auhamul Muhadditsin, Afradus Syamiyin, At-Tamyiz, dan Al-I' lal.

Semula Imam Muslim berhasil menghimpun 300.000 hadis, lalu beliau seleksi keshahihannya hanya tinggal 7.275 hadis, namun dari jumlah ini hanya sekitar 4.000 hadis yang termuat dalam kitab "Shahih Muslim" dengan mengesampingkan hadis-hadis yang terulang-ulang.

Jumlah tersebut tidak semuanya dicantumkan didalam kitab terjemahan ini, karena hanya dipetik-petik intisarinya saja oleh penyusun­nya Al-Hafizh ‘Abdul 'Azhim bin 'Abdul Qawi Zakiyuddin Al-Mundziri, sehingga tinggal 2179 hadis.

Hadis yang dibagian akhirnya terdapat penjelasan “Hadis ini juga diriwayatkan oleh Al-Bukhari” berarti hadis ini sama-sama ada didalam riwayat Al-Bukhari dan Muslim. Demikian itu tidak mengherankan, karena Imam Muslim memang pernah menerima hadis dari Imam Al-Bukhari, tetapi Imam Muslim mempunyai keunggulan didalam pengelompokan hadis-hadis pada bab-bab yang sesuai dengan pokok bahasannya.



Ringkasan Hadis Shahih Al-Bukhari



Kitab Shahîh Al-Bukhârî, tak disangsikan lagi, adalah rujukan utama untuk memperdalam Sunnah Rasulullah yang merupakan sumber hukum Islam kedua setelah Al-Quran. Kitab ini juga merupakan salah satu kutub al-sittah (enam kitab hadis) yang sangat populer.

Buku Ringkasan Shahîh Al-Bukhârî ini disusun oleh seorang ahli hadis abad kelima belah dari Zabid, Yaman, Yakni Al-Imam Zainuddin Ahmad bin Abdul-Lathif Az-Zabidi. Hingga kini, karya Az-Zabidi merupakan karya paling lengkap isinya dan sederhana penyajiannya. Selain itu, keunikan karya Az-Zabidi ini adalah metodologinya dalam penyusunan tema-tema yang jelas dan pemilihan hadisnya yang ketat.

Buku ini akan membantu mereka yang sibuk dan tidak mempunyai cukup waktu untuk merujuk langsung ke buku aslinya. Dengan demikian, menjadi sangat penting sebagai bahan rujukan umat Islam secara umum. Lebih khusus lagi bagi para cendekiawan, ulama, mubalig, penulis, pengajar, dan mahasiswa yang menjadikan hadis sebagai pedoman dan pegangan hidupnya.

No comments:

Post a Comment